prinsip prinsip desain grafis dan contohnya

2:00 AM
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS

     Kesederhanaan
   Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.

Keseimbangan
   Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal. 

Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.

Kesatuan
   Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.

Penekanan (aksentuasi)
   Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.

Irama (repetisi)
   Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.



SOAL DAN JAWABAN

1. Software yang digunakan untuk membuat sebuah desain grafis, adalah ….
a. Microsoft Excel
b. Microsoft Word
c. Word Pad
d. CorelDRAW
e. Autocad

2. Seseorang yang ahli dalam bidang desain disebut ….
a. aktor
b. desainer
c. ikon
d. legenda
e. desainator

3. Kekurangan dari sebuah gambar yang dibuat dengan metode Bitmap adalah ….
a. jika diperbesar akan terlihat jelas dan bagus
b. jika diperkecil warna gambar akan pecah
c. gambar akan pecah apabila mengalami pembesaran yang tidak sesuai
d. gambar akan pecah Jika dicetak dengan tinta berwarna
e. gambar memakai banyak memory dalam hard disk

4. Keuntungan dari pembuatan desain dengan menggunakan basis vector adalah ….
a. tidak memerlukan Personal Computer yang tinggi kualitasnya
b. tidak perlu membuat sebuah desain yang tinggi komposisinya
c. desain yang dibuat tidak terikat pada pixel
d. mudah dibuat
e. sedikit membutuhkan

5.
paste
Ikon tersebut adalah ikon yang dapat digunakan untuk ….
a. memotong sebuah objek
b. menampilkan hasil proses cut dan copy
c. menutup dokumen
d. menyimpan hasil pekerjaan
e. membuka dokumen

6. Daerah tempat bekerja pada CorelDRAW disebut ….
a. 
Drawing Toolbar
b. 
Hiden Ikon
c. 
Page
d. 
Drawing Window
e. 
Drawing Sheet

7. Ikon pada Toolbox tersebut ini dapat digunakan untuk ….
a. memberikan warna pada objek
b. menuliskan teks pada lembar kerja
c. memilih objek
d. menutup lembar kerja
e. membuka objek pada lembar kerja lain

8. Flyout merupakan bagian dari
a. 
Toolbox
b. 
Toolbar
c. 
Menu Bar
d. 
Title Bar
e. 
Text

9. Hal yang dilakukan untuk memulai program CorelDRAW adalah ….
a. klik Start
b. klik Program
c. klik Open
d. klik Close
e. klik New


10. Fasilitas untuk mendapatkan informasi tentang fungsi ikon adalah ….
a. 
New Graphic
b. 
Corel Tutorial
c. CorelDRAW 
Installation
d. 
What’s New
e. 
Page Setup


jawaban:

1.a
2.d
3.e
4.a
5.b
6.c
7.a
8.b
9.a
10.a

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan